Nurliana imoet

m@n3

Kamis, 02 April 2009

MANFAAT DARI KOMPUTER




MANFAAT DARI KOMPUTER










Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan.


Metoda talk dan chalk, ”nyantri”, ”usrah” dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan ”usrah”, dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list.


Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif seperti pada metoda ”usrah”.



Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi :•arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat;•kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,•aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,•daya tampung meningkat,•adanya standardisasi pembelajaran,•meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.



Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi menjadi online conference. Metoda ”nyantri” dan ”usrah” mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.
window.google_render_ad();

1 komentar:

  1. Nice Article. Your blog helps me to improve myself many ways. Thank you for sharing this kind of wonderful information.

    Skip Hire Belfast

    BalasHapus

SURAT' QU